Kendaraan Otonom Solusi Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Kendaraan otonom atau self-driving car melewati sebuah tonggak utama pada bulan November ketika minivan Waymo menggelar layanan taksi daring di Phoenix, Arizona, tanpa sopir manusia sama sekali sebagai armada angkutan publik pertama yang sepenuhnya otonom di jalan raya umum.

Selama beberapa bulan ke depan, masyarakat akan mendapatkan kesempatan untuk menggunakan kendaraan secara gratis saat perusahaan tersebut mencoba menghidupkan kegembiraan. Waymo adalah salah satu perusahaan teknologi milik Alphabet yang juga membawahi Google.

Tutorial Penelitian Kendaraan Otonom Solusi Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Waymo mengklaim bahwa kendaraannya didesain untuk menjadi pengemudi paling berpengalaman di dunia. Kita semua tahu bahwa sebagian besar kecelakaan di jalan akibat human error atau kesalahan manusia. Kendaraan otonom adalah angin segar sebagai solusi untuk menekan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Mobil otonom dijalankan oleh software yang tidak pernah mengantuk dan mabuk atau terganggu secara emosional. Mobil dilengkapi beragam teknologi yang diumpan oleh kamera laser, kamera cahaya nampak, sensor lingkungan dan navigasi satelit.

Penelitian pada 2016 oleh Nidhi Kalra dan Susan M.Paddock dari RAND Corporation di Santa Monica menunjukkan bahwa mobil otonom harus menempuh miliaran mil untuk menunjukkan bukti jumlah kecelakaan di bawah 1,1 per 100 juta mil.

Pengembang teknologi hampir mustahil memiliki waktu seperti itu, sehingga perusahaan seperti Waymo menguji keamanan kendaraan mereka di jalur pribadi dan jutaan mil perhari dalam simulasi komputer. Ini seperti transisi pertama kali dari gerobak yang dikendalikan oleh kuda dan bertransformasi ke mesin.

Mobil otonom harus memiliki standar yang lebih tinggi daripada driver manusia. Kalra memperkirakan sekitar 500.000 nyawa dapat diselamatkan pada tahun 2020 dan 2050 di Amerika Serikat dibandingkan jika tetap mempertaruhkan keselamatan di tangan manusia.

Comments

Populer

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit