NASA Berencana Meluncurkan Misi Pendaratan Ke Komet Atau Titan

NASA berencana mengembangkan konsep untuk misi mendaratkan robot ke komet atau Titan. Badan tersebut telah memilih dua finalis yang direncanakan diluncurkan pada pertengahan 2020-an berupa misi robot untuk mengambil sampel dari komet atau drone rotor untuk menjelajahi bulan terbesar Saturnus, Titan.

U.S. National Aeronautics and Space Administration mengumumkan dua konsep CAESAR dan Dragonfly untuk menuju tahap peer review yang ekstensif dan kompetitif. Kedua proposal tersebut dipilih dari 12 proposal yang diajukan pada bulan April di bawah program New Frontiers.

Tutorial Penelitian NASA Berencana Meluncurkan Misi Pendaratan Ke Komet Atau Titan

  • Comet Astrobiology Exploration Sample Return (CAESAR)
    Misi ini berusaha untuk mengambal sampel dari komet 67P/Churyumov-Gerasimenko yang berhasil dieksplorasi oleh pesawat ruang angkasa Rosetta milik Badan Antariksa Eropa (ESA). Proposal dipimpin oleh Steve Squyres dari Cornell University di Ithaca itu akan dikelola oleh NASA’s Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland.
  • Dragonfly
    Misi ini menerbangkan drone untuk mengeksplorasi kimia dan prebiotik dari puluhan situs di Titan. Sebuah dunia laut di bawah permukaan di tata surya yang diteorikan menyimpan kehidupan. Proyek dipimpin oleh Elizabeth Turtle dari the Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory (APL) di Laurel, Maryland.

CAESAR dan Dragonfly akan menerima dana sampai akhir tahun 2018 untuk mengembangkan konsep lebih lanjut. NASA berencana untuk memilih salah satu pada musim semi tahun 2019 untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

NASA juga mengumumkan pemilihan dua konsep yang akan menerima dana pengembangan teknologi untuk mempersiapkan mereka mengikuti kompetisi misi masa depan yaitu Enceladus Life Signatures and Habitability (ELSAH) dan Venus In situ Composition Investigations (VICI).

Comments